cara mengeringkan karpet basah

3 Langkah Super Instant Mengeringkan Karpet yang Basah

Pernahkah Anda mengalami permasalahan mengenai karpet yang juga tidak kering-kering walaupun sudah dijemur lama di bawah panasnya sinar matahari? Hal itu tentu sangat menjengkelkan bukan karena karpet yang telah dicuci tidak bisa segera digunakan kembali.

Oleh karena permasalahan ini cukup sering terjadi, maka jasa cuci karpet rumah akan membantu Anda dengan memberikan beberapa langkah yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Mau tahu caranya? Yuk simak sama-sama di bawah ini.

1. Gunakan Produk Khusus Alat Perasan Karpet

spinner rug

Sesuai namanya, alat ini hanya khusus digunakan untuk mengeringkan  karpet yang masih basah ataupun lembab. Ada 2 jenis yang ada di pasaran, yaitu Spiner merek Rug Speed dan Spiner Kanaba. Dua mesin peras di atas bisa memberikan persentase kering antara 90 – 95 persen dalam waktu yang cukup singkat.

Namun, sesuai dengan fungsinya yang berperan sangat besar, harga kedua mesin tersebut juga terbilang cukup mahal mencapai puluhan juta rupiah untuk satu mesinnya. Tapi, jika digunakan dalam berbisnis laundry, tentu akan sangat menguntungkan dibandingkan harus menunggu terlalu lama jika dijemur di bawah terik sinar matahari.

2.  Keringkan dengan Hair Dryer

2.	Keringkan dengan Hair Dryer

Untuk kasus ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Hanya untuk karpet yang lembab saja, bukan untuk keadaan karpet yang masih terlalu basah karena akan merusak alat elektronik yang akan digunakan. Jika musim hujan, tentu panas sinar matahari akan berkurang dan hal tersebut mengurangi intensitas panas yang dihantarkan dalam proses pengeringan karpet dan menimbulkan lembab (kering yang tidak sempurna). Dalam keadaan lembab, Anda diperbolehkan langsung menggunakan hair dryer untuk menghilangkan lembab yang tersisa dengan hawa panas yang dihasilkan. Perlu diingat apabila ingin menggunakan hair dryer untuk tidak terlalu lama di bagian yang sama karena bisa jadi akan merusak karpet.

Usahakan gerakan hair dryer dari atas ke bawah secara berulang-ulang dari ujung ke ujung agar bekas air yang masih tersisa tidak  mengalir ke bagian yang lainnya.

3. Setrika Langsung

gunakan setrika untuk menghilangkan lembab pada karpet basah

Begitu juga saat ingin menggunakan setrika. Hanya diperbolehkan saat kondisi lembab, bukan pada kondisi karpet yang masih sepenuhnya basah atau terlalu basah. Jika karpet masih terlalu basah, ada baiknya dijemur saja lalu tunggu hingga benar-benar kering untuk menghindari kerusakan yang bisa terjadi.

Kalau dipaksakan menggunakan setrika untuk mengerikannya, yang terjadi justru bulu-bulu pada setrika bisa menjadi kasar. Jika hanya lembab, Anda bisa menyetrikanya dengan hati-hati dengan memastikan bahwa komposisi panas yang dihasilkan setrika tidak akan merusak karpet, pada dasarnya prinsipnya sama saja saat Anda sedang menyetrika pakaian.

Itulah cara-cara yang bisa Anda gunakan untuk mengeringkan karpet yang basah, saat karpet sudah kering jangan lupa untuk memberikan pewangi agar bau lembabnya hilang.

 

Leave a Reply