Category Archives: Automotif

Mau Touring? Ini Lho Persiapan yang Harus Kamu Lakukan!

Bagi kamu yang hobi touring dengan motor, pastinya ada yah kegiatan rutin sama klub untuk touring bersama ke tempat tujuan.

Di dalam komunitas touring, sudah menjadi acara khusus yang mempersiapkan para anggotanya yang mau ikut untuk bergabung bersama pergi melakukan konvoi dengan sepeda motor.

Tujuan atau tempat touring biasanya adalah lokasi objek pariwisata yang bisa melepas penat dan membuat anggota klub bersenang-senang menikmati waktu liburnya.

Acara touring yang dilakukan, pastinya membutuhkan kondisi fisik & persiapan yang matang karena membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan memerlkukan persiapan selama melakukan perjalanan, baik dari segi makanan, minuman, keselamatan, perlengkapan pakaian, dll.

Guna mendukung touring yang nyaman dan aman, beberapa persiapan di bawah ini bisa anda praktekan.

1. Cek Kendaraan Sekarang Juga!

Ini merupakan point penting pertama yang tidak boleh dilewatkan, ada berbagai masalah serius yang bisa didapatkan jika tidak mengindahkan hal ini.

Bisa saja motor mengalami mogok ataupun ada komponen motor yang tidak berfungsi dengan normal. Itulah pentingnya melakukan cek kendaraan untuk mengurangi risiko buruk yang bisa saja terjadi.

2. Ikuti Iringan Konvoi dengan Aman

Kalau kamu tidak mengetahui kondisi jalanan, jangan pernah berusaha menyalip orang di depan ataupun sok tahu jalan karena bisa berakibat fatal.

Cukup ikuti saja temanmu hingga sampai di lokasi tujuan.

3. Bawa Perlengkapan Secukupnya

Perlu diingat bahwa kamu melakukan touring dengan motor dan sangat terbatas membawa perlengkapan. Jadi, pastikan bahwa tasmu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Untuk lebih amannya, jangan lupa untuk mengasuransikan kendaraan terlebih dulu agar perjalanan lebih aman dan bisa terjamin keamanannya.

Berkendara bukan soal cepat sampai atau siapa yang paling pertama, tapi bagaimana kamu bisa menjaga diri hingga selamat sampai di tujuan.

Tips Mudah Menghilangkan Bau Di Kabin Mobil

Ketika mengendarai mobil, kadang penumpang mencium bau bensin yang menyengat di dalam kabin. Terlebih bila pengendara melakukan perjalanan jauh, aroma ini akan membuat pengendara tidak nyaman, pusing dan bahkan sampai mabuk. Tentu hal ini tidak baik bila dilanjutkan, karena hal ini bisa membahayakan dan mengganggu fokus pengemudi.

Salah satu tindakan yang sering dilakukan pengendara untuk menghilangkan bau di kabin mobil ini adalah dengan membuka sedikit jendela, padahal hal itu tidak akan sepenuhnya menghilangkan bau tersebut.

Agar anda tahu penanganan yang tepat untuk menghilangkan bau di kabin mobil, berikut ini tips dari Garda Oto Digital (www.gardaoto.com) untuk Anda.

1. Mengetahui sumbernya

Apabila anda sering mencium aroma bensin, anda harus segera mencari sumber dari bau bensin tersebut. Anda bisa mengecek mulai dari karpet hingga ke bagian-bagian lainnya, barulah setelah anda menemukan sumbernya segera mencuci atau memperbaikinya bila sumber berasal dari kebocoran komponen.

2. Meletakkan biji atau bubuk kopi

Apabila anda sudah membersihkan sumber dari bau tersebut, namun anda masih mencium aroma bensin tersebut. Anda bisa meletakkan biji atau bubuk kopi di bawah jok mobil anda, biarkan biji kopi atau bubuk kopi tersebut selama seminggu atau kurang. Hal ini akan membuat aroma mobil anda menjadi hilang, karena diyakini kopi bisa menyerap segala macam aroma yang tidak sedap.

3. Menggunakan baking soda

Benda lain yang bisa digunakan untuk menetralkan bau selain kopi adalah baking soda, anda cukup menaburkan bubuk baking soda di beberapa bagian mobil dan membiarkannya selama semalam. Setelah itu bersihkan bagian-bagian yang anda berikan baking soda, maka bau bensin ataupun bau tidak enak akan hilang.

Tips otomotif lainnya bisa dibaca di sini.

4. Membuka kaca selama 24 jam

Cara termudah yang bisa anda terapkan adalah dengan membuka kaca anda selama 24 jam, tujuannya agar udara yang ada di dalam mobil bisa bertukar dengan udara yang berada di lar mobil. Namun perlu diingat bila menggunakan cara ini, usahakan kondisi udara di luar segar dan tidak berdebu atau udara panas. Karena hal ini akan merusak AC anda, karena banyaknya debu yang masuk ke kabin mobil anda.

Tentu anda bisa melakukan hal lain mengenai cara menghilangkan bau di kabin mobil ini, salah satu hal terpenting adalah menjaga kebersihan kabin. Meskipun anda menerapkan cara-cara diatas, bila anda tidak menjaga kebersihan kabin mobil anda maka tips di atas percuma dilakukan.

Perlu anda ketahui, bila anda membiarkan kotoran berada di dalam mobil maka anda bisa merusak AC mobil anda. Rutinlah membersihkan kabin mobil anda setidaknya jangan membiarkan makanan busuk di dalam mobil, sehingga pengendara bisa nyaman dan fokus saat mengemudi.

Mengurangi Resiko Kecelakaan Kerja

Dengan Vacuum Tube Lifter Jumbo, mengangkat barang secara manual jadi lebih aman.

Mengangkat barang berat secara manual (dikenal dengan manual handling) tentu memiliki resiko yang tinggi. Seperti sakit pinggang, hingga tergesernya ring tulang punggung yang bisa berakibat kepada kelumpuhan dan lebih parah adalah meninggal.

Beberapa perusahaan yang fokus terhadap keselamatan dan kesehatan pekerja akhirnya mencoba mencari cara agar mengurangi resiko kecelakaan kerja (zero accident). Salah satu perusahaan yang memproduksi alat pendukung keselamatan kerja adalah schmalz dengan mengeluarkan produk Vacuum Tube LifterJumbo.

Continue reading Mengurangi Resiko Kecelakaan Kerja

Mengenal Seluk Beluk Manual Handling

Di industri proses, kalian akan mengenal istilah Manual Handling, apa itu?

Manual handling direpresentasikan sebagai sebuah proses pemindahan atau pengoperasian yang dilakukan oleh manusia. Entah proses mengangkat, memindahkan, menarik dan sebagainya. Selama itu dilakukan oleh manusia dalam transportasinya, dinamakan manual handling.

Continue reading Mengenal Seluk Beluk Manual Handling