Berikut Persiapan Touring Yang Harus Anda Ketahui

Touring adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh sebuah komunitas atau klub menuju sebuah destinasi dengan mengendarai kendaraan mereka secara beriringan.

Dalam beberapa komunitas, touring menjadi sebuah agenda wajib yang dilakukan secara rutin. Selain untuk mempererat silaturahmi antara anggota komunitas, touring juga bisa menjadi ajang untuk berbagi (bakti sosial) dengan masyarakat di sepanjang jalur atau destinasi akhir touring.

Destinasi yang biasanya menjadi tujuan touring adalah tempat-tempat seperti objek pariwisata, atau lokasi spesifik yang ingin di kunjungi oleh anggota touring karena sebuah alasan dan misi touring.

Karena destinasi yang dikunjungi terkadang bisa berada diluar area domisili, sebelum melakukan touring tersebut, para anggotanya akan mempersiapkan berbagai macam hal agar touring berjalan sesuai dengan rencana, aman dan nyaman.

Guna mendukung touring yang nyaman dan aman, beberapa persiapan di bawah ini bisa anda praktekan.

Pastikan Kondisi Kendaraan

Memastikan kendaraan dalam kondisi prima merupakan point pertama yang harus diperhatikan dalam persiapan touring yang nyaman dan aman. Kondisi kendaraan yang bisa anda periksa seperti sistem kelistrikan, pengereman, oli dan ban mobil.

Terkait ban, pastikan ban dalam kondisi baik secara usia pakai dan tekanan, baik untuk ban yang terpasang maupun ban cadangannya.

Memeriksa Jalur Touring

Setelah memastikan kondisi kendaraan, persiapan touring selanjutnya adalah memeriksa jalur touring. Pemeriksaan jalur touring terkait medan jalan yang hendak di lalui, tempat beristirahat atau rest area, mesin anjungan tunai mandiri (ATM), stasiun pengisian bahan bakar (POM Bensin), hingga ketersediaan bengkel-bengkel sepanjang jalur yang dilewati.

Memeriksa Jalur Touring juga bisa membantu kita dalam menyesuaikan kondisi kendaraan serta ban yang kita gunakan.

Membuat daftar perlengkapan yang akan dibawa

Membuat daftar perlengkapan yang dibawa selama touring akan memudahkan kita dalam mengorganisasi setiap barang yang masuk kedalam mobil.

Jangan sampai hal-hal yang tidak seperlunya di bawa membuat penuh sesak dalam mobil yang kita gunakan untuk touring. Selain itu, mencatat juga bisa memudahkan agar tidak ada barang yang tertinggal sekembalinya kita dari touring.

Perlengkapan yang setidaknya harus dibawa adalah perlengkapan pribadi, uang sesuai dengan alokasi dana touring, STNK dan obat-obatan. Perlengkapan selain itu, disesuaikan dengan rencana touring anda bersama rekan-rekan seperjalanan. Untuk lebih amannya, jangan lupa untuk mengasuransikan kendaraan terlebih dulu agar perjalanan lebih aman dan bisa terjamin keamanannya.

Dengan persiapan yang matang, touring yang anda lakukan bisa aman dan nyaman sehingga tidak menghilangkan esensi atau tujuan dari touring yang dilakukan bersama komunitas anda. Selamat melakukan touring, patuhi peraturan sepanjang perjalanan dan hati-hati di jalan hingga kembali ke rumah dengan selamat.

Leave a Reply