Category Archives: Blog

YOU CAN PUT HTML HERE AS WELL FOR CONTENT

Mau Membersihkan AC Sendiri? Yuk, Terapkan 4 Hal Berikut Ini

Air conditioner atau yang biasa dikenal AC adalah alat pendingin yang menjadi andalan kebutuhan masyarakat kota besar. Kehadiran AC membantu untuk memberikan kesegaran di ruangan. Semakin seringnya AC digunakan, semakin cepat kotor juga. Oleh karena itu penting untuk AC dibersihkan supaya AC lebih awet, lebih dingin, dan tidak menyebabkan penyakit.

Continue reading Mau Membersihkan AC Sendiri? Yuk, Terapkan 4 Hal Berikut Ini

Tips Mudah Menghilangkan Bau Di Kabin Mobil

Ketika mengendarai mobil, kadang penumpang mencium bau bensin yang menyengat di dalam kabin. Terlebih bila pengendara melakukan perjalanan jauh, aroma ini akan membuat pengendara tidak nyaman, pusing dan bahkan sampai mabuk. Tentu hal ini tidak baik bila dilanjutkan, karena hal ini bisa membahayakan dan mengganggu fokus pengemudi.

Salah satu tindakan yang sering dilakukan pengendara untuk menghilangkan bau di kabin mobil ini adalah dengan membuka sedikit jendela, padahal hal itu tidak akan sepenuhnya menghilangkan bau tersebut.

Agar anda tahu penanganan yang tepat untuk menghilangkan bau di kabin mobil, berikut ini tips dari Garda Oto Digital (www.gardaoto.com) untuk Anda.

1. Mengetahui sumbernya

Apabila anda sering mencium aroma bensin, anda harus segera mencari sumber dari bau bensin tersebut. Anda bisa mengecek mulai dari karpet hingga ke bagian-bagian lainnya, barulah setelah anda menemukan sumbernya segera mencuci atau memperbaikinya bila sumber berasal dari kebocoran komponen.

2. Meletakkan biji atau bubuk kopi

Apabila anda sudah membersihkan sumber dari bau tersebut, namun anda masih mencium aroma bensin tersebut. Anda bisa meletakkan biji atau bubuk kopi di bawah jok mobil anda, biarkan biji kopi atau bubuk kopi tersebut selama seminggu atau kurang. Hal ini akan membuat aroma mobil anda menjadi hilang, karena diyakini kopi bisa menyerap segala macam aroma yang tidak sedap.

3. Menggunakan baking soda

Benda lain yang bisa digunakan untuk menetralkan bau selain kopi adalah baking soda, anda cukup menaburkan bubuk baking soda di beberapa bagian mobil dan membiarkannya selama semalam. Setelah itu bersihkan bagian-bagian yang anda berikan baking soda, maka bau bensin ataupun bau tidak enak akan hilang.

Tips otomotif lainnya bisa dibaca di sini.

4. Membuka kaca selama 24 jam

Cara termudah yang bisa anda terapkan adalah dengan membuka kaca anda selama 24 jam, tujuannya agar udara yang ada di dalam mobil bisa bertukar dengan udara yang berada di lar mobil. Namun perlu diingat bila menggunakan cara ini, usahakan kondisi udara di luar segar dan tidak berdebu atau udara panas. Karena hal ini akan merusak AC anda, karena banyaknya debu yang masuk ke kabin mobil anda.

Tentu anda bisa melakukan hal lain mengenai cara menghilangkan bau di kabin mobil ini, salah satu hal terpenting adalah menjaga kebersihan kabin. Meskipun anda menerapkan cara-cara diatas, bila anda tidak menjaga kebersihan kabin mobil anda maka tips di atas percuma dilakukan.

Perlu anda ketahui, bila anda membiarkan kotoran berada di dalam mobil maka anda bisa merusak AC mobil anda. Rutinlah membersihkan kabin mobil anda setidaknya jangan membiarkan makanan busuk di dalam mobil, sehingga pengendara bisa nyaman dan fokus saat mengemudi.

Ini Dia Jenis-Jenis Ganggungan Listrik yang Sering Dialami Tapi Tidak Anda Sadari

Kehidupan yang di jalani setiap orang setiap harinya pasti tidak akan terlepas dari adanya sumber energi listrik yang berfungsi sangat vital untuk memenuhi kebutuhan hidup. Memang jarang sekali saat listrik mengalami gangguan, namun sekali terjadi masalah pada listrik, maka semua aktivitas bisa terhambat.

Hal ini disebabkan karena hampir semua alat-alat disekitar kita merupakan komponen elektronik yang membutuhkan daya energi listrik untuk bisa hidup.

Nah, tahukah Anda ternyata ada beberapa jenis gangguan yang bisa terjadi pada listrik. Mau tahu apa saja? Simak selengkapnya di sini.

1. Gangguan Listrik Berupa Power Failure

Power failure adalah suatu keadaan di mana sumber listrik utama mati secara mendadak. Bila hal ini terus terjadi secara terus-menerus, maka berbagai alat-alat elektronik yang menggunakan daya listrik bisa cepat rusak. Umumnya, masalah ini menjadi tanggung jawab PLN.

2. Gangguan Listrik Berupa Power Surge

Gangguan ini bisa terjadi akibat petir yang menyambar, sehingga membuat voltase secara mendadak meningkat melebihi 100% dalam sekejap waktu. Hal ini memang tidak bisa diprediksi, karena itu untuk mencegah hal buruk terjadi. Gunakan penangkal petir sebagai upaya mencegah power surge dan jangan gunakan alat elektronik saat hujan + petir menyambar.

3. Gangguan Listrik Power SAG

Kebalikan dari Power Surge, sangguan jenis power SAG adalah saat di mana voltase listrik turun secara tiba-tiba, bisa 30 – 80%. Jika tidak disadari, hal ini dapat membuat listrik Anda tidak kuat saat banyak alat-alat elektronik yang terhubung ke sumber listrik dan menyebabkan listrik turun.

4. Frequency Variation

Jenis gangguan ini merupakan gabungan dari power surge dan power SAG di mana tingkat voltase listrik mengalami naik turun yang tidak stabil dalam jangka waktu yang tidak bisa ditentukan. Gangguan Frequency Variation sangat fatal karena dapat merusak peralatan elektronik dengan sangat cepat bila Anda tidak segera melepaskannya dari kontak listrik.

5. Electrical Line Noise

Dalam kasus ini, gangguan dengan jenis Electrical Line Noise disebabkan karena intervensi dari frekuensi jaringan radio. Penyebab lainnya dapat disebabkan karena instalasi listrik yang tidak bagus. Bila tidak diperbaiki, gangguan ini bisa menyebabkan kerusakan fatal hingga hilangnya data-data penting.

6. Harmonic Distortion

Gangguan jenis ini merupakan distorsi yang dapat menyebabkan alat komunikasi yang tersambung dengan listrik mengalami error, overheat, hingga kerusakan serius pada komponen elektronik tersebut.

Untuk mengatasi permasalahan yang bisa terjadi sewaktu-waktu, banyak perusahaan yang menggunakan jasa rental genset murah di Jakarta sebagai solusi bila terjadi permasalahan kelistrikan.

Sentuh genset terasa nyetrum? atasi dengan 4 cara ini

Di zaman modern ini listrik sudah menjadi kebutuhan yang utama Bagaimana tidak, saat ini seluruh aktifitas yang kita lakukan setiap harinya bergantung dengan keberadaan listrik.

Seperti, ingin menonton tv butuh listrik, ingin ada penerangan butuh listrik, ingin mengerjakan pekerjaan dengan laptop butuh listrik, dan kegiatan lainnya. Apabila listrik mati yang terjadi aktifitas Anda akan terhenti dan menjadi terganggu.

Maka dari itu, genset hadir yang menjadi solusi untuk menghadapi pemadaman listrik yang terjadi secara mendadak.

gambar genset

Namun di balik manfaatnya yang sangat besar, genset juga bisa menimbulkan bahaya jika sembarangan dalam pemakaiannya. Salah satu hal yang sangat bisa terjadi pengguna genset adalah tersetrum atau tersengat aliran listrik.

Hal tersebut bukan salah gensetnya, namun disebabkan ketidaktahuan dalam pemakaiannya.

Sebenarnya kasus tersengat genset semacam ini bisa dicegah dengan beberapa cara berikut:

1. Tambahkan isolator pada radiator genset

Ketika ada kebocoran listrik pada genset, listrik juga ikut mengalir keluar dan akan berdiam di komponen serta body genset yang merupakan konduktor alias penghantar listrik.

Sehingga ketika Anda menyentuhnya dengan otomatis aliran listrik yang besar tersebut akan berpindah dan menyebabkan tersetrum. Namun pada saat tidak terjadi kebocoran listrik, tentu saja bagian terluar genset yang merupakan konduktor sekalipun aman untuk disentuh.

Sayangnya aliran listrik yang bocor tidak akan bisa terlihat dengan mata telanjang. Sehingga lebih baik Anda mengantisipasinya dengan menambahkan isolator di bagian genset yang sering terpegang. Isolator ini bisa berupa lapisan plastik kaku di bagian atas body genset.

2. Tambahkan konduktor yang menghubungkan badan generator dengan base frame

Isolator di bagian luar diperlukan untuk mencegah orang yang tak sengaja menyentuhnya tersetrum.

Nah, di dalam generator atau badan generator, dibutuhkan konduktor yang terhubung dengan base frame. Jadi ketika ada kebocoran aliran listrik pada genset, listrik tidak akan menyebar ke bagian lain namun langsung ke konduktor tersebut dan mengalir menuju base frame.

Hal ini akan mencegah aliran listrik meluas dan menjadi sumber dari tersetrum. Namun tentu saja untuk menambahkan konduktor ini tidak bisa dilakukan sembarangan, Anda harus menyerahkan pekerjaan tersebut kepada mereka yang sudah ahli dan berpengalaman.

3. Lakukan grounding untuk mengalirkan listrik yang bocor dengan aman

Dalam bahasa Indonesia, grounding biasa dikenal dengan nama pentanahan. Hal tersebut mengacu pada dialirkannya arus listrik ke dalam tanah untuk menghindari tersetrum.

Jadi grounding ini dilakukan dengan memasang penghantar  ke dalam tanah sehingga dayanya bisa diserap dengan maksimal. Membuat grounding ini memang cukup merepotkan, namun sangat perlu dilakukan demi menjaga keselamatan orang yang beraktivitas di sekitar mesin genset.

4. Pertimbangkan alat pendeteksi kebocoran listrik

Listrik yang bocor memang tidak bisa terlihat dengan mata telanjang, namun akan dapat terdeteksi melalui alat khusus.

Jadi tak ada salahnya Anda memasang alat tersebut pada generator untuk bisa segera mengatasi jika terjadi kebocoran listrik. Bila Anda membutuhkan bantuan untuk memperbaiki masalah genset, silahkan hubungi penyedia jasa rental genset di Jakarta untuk membantu menyelesaikan masalah Anda.