Category Archives: Blog

YOU CAN PUT HTML HERE AS WELL FOR CONTENT

Jenis-Jenis Lampu LED

Lampu LED belakangan ini mengalami peningkatan dalam hal penggunaan. Alasan utama orang-orang mulai beralih menggunakan lampu LED yakni karena LED jauh lebih tahan lama lagi hemat.

Memang jika dibandingkan dengan jenis lampu lainnya LED jauh lebih unggul baik dalam penggunaan energi maupun biaya. Lampu LED pun sudah mulai diaplikasikan ke dalam berbagai kehidupan mulai dari lampu rumah, lampu hias, hingga backlight LCD. Keberagaman penggunaan lampu LED disebabkan oleh beragamnya jenis-jenis lampu LED.

Mungkin tidak banyak orang yang tahu, namun lampu LED pun memiliki variasi jenis berdasarkan bentuk, fungsi dan warna. Nah, untuk tahu lebih lanjut mengenai lampu LED, Anda bisa simak ulasan berikut:

1. Miniatur LED

Pernahkan Anda mengamati lampu pada remote TV, radio atau tape? Lampu tersebut disebut lampu indikator. Sebagian besar lampu itu dibuat dari lampu LED berjenis miniatur LED. Selain banyak digunakan sebagai lampu indikator, miniatur LED juga sering digunakan sebagai lampu hias.

2. Superflux LED

Dibandingkan dengan jenis lampu LED lain, superflux LED membutuhkan energi yang jauh lebih besar. Hal ini tidak mengherankan mengingat ada dua kutub positif dan dua kutub negatif yang menyebabkan konsumsi energi menjadi lebih besar. Oleh karena itu, lampu jenis ini cocok dipakai sebagai lighting di panggung atau penerangan papan iklan dengan ukuran jumbo.

3. Bicolor LED

Apabila biasanya lampu LED hanya terdiri dari satu warna, tidak demikian halnya dengan bicolor LED. Lampu LED jenis ini memiliki dua warna yang akan menyala secara bergantian dalam satu lampu.

Karena cara kerjanya yang unik, tidak heran apabila bicolor LED sering digunakan sebagai lampu hias. Tidak hanya itu, lampu ini juga sering ditemui pada dekorasi lampu cafe dan aksen pada mainan anak-anak.

Baca juga: Merk Sensor Parkir Mobil yang Bagus

4. Surface Mount Device

Lampu LED berjenis surface mount device atau SMD memiliki karakteristik yang mencolok sehingga membuatnya mudah dikenali. Anda pun dapat langsung mengenali lampu ini dikarenakan SMD LED dilengkapi dengan chips berukuran cukup kecil.

Biasanya lampu LED jenis ini banyak ditemui pada lampu senter, lampu emergency, lampu senter dan lampu hias.

5. Chip on Board LED

Sering disebut COB, lampu LED jenis ini merupakan pengembangan dari SMD. Apabila lampu SMD dikenal dengan chipnya, maka COB adalah lampu SMD dalam jumlah besar. Karakteristik dari COB ini yaitu terdapatnya ribuan chip yang tersusun dalam suatu papan. Meski terlihat sama, akan tetapi lampu COB ini memiliki pancaran cahaya lebih merata dibandingkan dengan lampu SMD.

Melihat banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh lampu LED, tidak mengherankan banyak orang mulai beralih menggunakan lampu ini. Meskipun demikian Anda tetap harus memahami jenis-jenis lampu LED sehingga pengaplikasian lampu LED menjadi lebih maksimal. Hal ini dikarenakan masing-masing LED memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga harus digunakan pada alat yang berbeda pula.

Cara Merawat Shockbreaker

Sebuah mobil terdiri dari berbagai komponen penompang untuk menjaga kenyamanan pengemudi dan penumpangnya.

Salah satu komponen mobil tersebut adalah shockbreaker yang meminimalisir getaran dan goncangan yang dirasakan ketika pengemudi melewati jalan yang tidak rata.

Tanpa adanya shockbreaker, sebuah mobil akan sering mengalami goncangan, terlebih jika melewati jalanan yang tidak rata.

Karena peranannya yang penting, tentunya shockbreaker harus dirawat dengan baik agar tetap awet dan, menurut Rio, salah satu mekanik yang bekerja di Garda Oto, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga shockbreaker agar tidak mudah bocor.

 1. Hindari Jalanan Yang Tidak Rata

Jalanana bergelombang dan tidak rata adalah salah satu faktor yang dapat membuah shockbreaker cepat bocor.

Oleh karena itu, agar shockbreaker tetap awet, sebaiknya pengemudi sebisa mungkin menghindari jalanan yang tidak rata atau bergelombang.

Pun jika terpaksa harus melewati jalanan tersebut, usahakan untuk menjalankan mobil dengan kecepatan serendah mungkin.

Ini dimaksudkan untuk memberikan tekanan serendah mungkin pada shockbreaker, sehingga bisa tahan lebih lama.

 2. Beri Beban Sesuai Kapasitas

Setiap shockbreaker mempunyai batas maksimal beban yang mampu ditahan. Apabila Anda memberikan shockbreaker beban yang melebihi kapasitas maksimalnya, shockbrekaer akan kehilangan kekuatannya dalam meredam goncangan.

Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus, bukan tidak mungkin jika shockbreaker akan rusak, bocor dan mati dalam waktu singkat. Oleh sebab itu, usahakan untuk tidak member beban berlebih pada shockbreaker mobil.

3. Cek Karet Pelindung Secara Berkala

Semua shockbreaker mobil dilengkapi oleh karet pelindung yang berfungsi untuk melindungi shockbraker dari kotoran yang akan masuk ke dalam shockbreaker.

Apabila karet pelindungi ini rusak, maka kotoran akan dengan mudah masuk ke dalam shockbreaker. Akibarnya shockbreaker akan cepat bocor karena dindingnya aus terkikis sebagai hasil dari gesekan kotoran yang menempel dan dinding shockbreaker.

Oleh sebab itu, Anda harus melakukan pemeriksaan pada karet  pelindung shockbreaker secara berkala. Sehingga apabila terdapat kerusakan pada karet, Anda bisa mendeteksinya sedari dini dan segera memperbaikinya. Dampaknya, shockbreaker mobil akan tetap awet.

 4. Bersihkan Kotoran Yang Menempel 

Lokasi shockbreaker yang terletak pada bagian bawah mobil membuatnya rentan terkena kotoran dan debu, terlebih lagi di musim penghujan yang becek.

Pasir atau debu yang menempel pada shockbreaker apabila tidak segera dibersihkan akan bergesekan pada dinding shockbreaker tersebut yang mengakibatkan dinding shockbreaker terkikis dan aus.

Selain debu, air hujan yang menempel pada shockbreaker juga menyebabkan shockbreaker berkarat yang tentunya membuat shockbreaker cepat rusak.

Oleh karena itu, sehabis melintasi jalanan yang becek atau jalanan sehabis hujan, segera bersihkan bagian kaki-kaki mobil dengan air bersih dan sabun.

Shockbreaker memang tidak memiliki ukuran yang besar. Meskipun demikian, fungsi dan manfaat shockbreaker pada mobil tidaklah sekecil ukurannya.

Malah, komponen ini sangat berperan dalam memberikan kenyamanan pada pengemudi dan penumpang ketika mengendarai sebuah mobil.

Cara Memperbaiki Mobil Penyok dengan Mudah Tanpa Mengeluarkan Biaya

Sering terjadi mobil penyok akibat  benturan baik berat atupun ringan, benturan ini biasanya terjadi  mungkin karena Anda kurang hati-hati saat memarkir mobil, atau terkena benda-benda tajam dan lainnya, kecelakaan dll.

Penyok ini biasanya di alami oleh pintu mobil, di dekat kaca  spion, dekat  lampu depan maupun belakang dll. Mungkin Anda akan sedikit kecewa karena kondisi mobil tidak semulus yang sebelumnya.

Untuk mengembalikannya Anda bisa  memperbaiki ke  bengkel  namun juga Anda bisa melakukan sendiri tanpa harus ke bengkel dan mengeluarkan dana.

Continue reading Cara Memperbaiki Mobil Penyok dengan Mudah Tanpa Mengeluarkan Biaya

Mau Membersihkan AC Sendiri? Yuk, Terapkan 4 Hal Berikut Ini

Air conditioner atau yang biasa dikenal AC adalah alat pendingin yang menjadi andalan kebutuhan masyarakat kota besar. Kehadiran AC membantu untuk memberikan kesegaran di ruangan. Semakin seringnya AC digunakan, semakin cepat kotor juga. Oleh karena itu penting untuk AC dibersihkan supaya AC lebih awet, lebih dingin, dan tidak menyebabkan penyakit.

Continue reading Mau Membersihkan AC Sendiri? Yuk, Terapkan 4 Hal Berikut Ini

Tips Mudah Menghilangkan Bau Di Kabin Mobil

Ketika mengendarai mobil, kadang penumpang mencium bau bensin yang menyengat di dalam kabin. Terlebih bila pengendara melakukan perjalanan jauh, aroma ini akan membuat pengendara tidak nyaman, pusing dan bahkan sampai mabuk. Tentu hal ini tidak baik bila dilanjutkan, karena hal ini bisa membahayakan dan mengganggu fokus pengemudi.

Salah satu tindakan yang sering dilakukan pengendara untuk menghilangkan bau di kabin mobil ini adalah dengan membuka sedikit jendela, padahal hal itu tidak akan sepenuhnya menghilangkan bau tersebut.

Agar anda tahu penanganan yang tepat untuk menghilangkan bau di kabin mobil, berikut ini tips dari Garda Oto Digital (www.gardaoto.com) untuk Anda.

1. Mengetahui sumbernya

Apabila anda sering mencium aroma bensin, anda harus segera mencari sumber dari bau bensin tersebut. Anda bisa mengecek mulai dari karpet hingga ke bagian-bagian lainnya, barulah setelah anda menemukan sumbernya segera mencuci atau memperbaikinya bila sumber berasal dari kebocoran komponen.

2. Meletakkan biji atau bubuk kopi

Apabila anda sudah membersihkan sumber dari bau tersebut, namun anda masih mencium aroma bensin tersebut. Anda bisa meletakkan biji atau bubuk kopi di bawah jok mobil anda, biarkan biji kopi atau bubuk kopi tersebut selama seminggu atau kurang. Hal ini akan membuat aroma mobil anda menjadi hilang, karena diyakini kopi bisa menyerap segala macam aroma yang tidak sedap.

3. Menggunakan baking soda

Benda lain yang bisa digunakan untuk menetralkan bau selain kopi adalah baking soda, anda cukup menaburkan bubuk baking soda di beberapa bagian mobil dan membiarkannya selama semalam. Setelah itu bersihkan bagian-bagian yang anda berikan baking soda, maka bau bensin ataupun bau tidak enak akan hilang.

Tips otomotif lainnya bisa dibaca di sini.

4. Membuka kaca selama 24 jam

Cara termudah yang bisa anda terapkan adalah dengan membuka kaca anda selama 24 jam, tujuannya agar udara yang ada di dalam mobil bisa bertukar dengan udara yang berada di lar mobil. Namun perlu diingat bila menggunakan cara ini, usahakan kondisi udara di luar segar dan tidak berdebu atau udara panas. Karena hal ini akan merusak AC anda, karena banyaknya debu yang masuk ke kabin mobil anda.

Tentu anda bisa melakukan hal lain mengenai cara menghilangkan bau di kabin mobil ini, salah satu hal terpenting adalah menjaga kebersihan kabin. Meskipun anda menerapkan cara-cara diatas, bila anda tidak menjaga kebersihan kabin mobil anda maka tips di atas percuma dilakukan.

Perlu anda ketahui, bila anda membiarkan kotoran berada di dalam mobil maka anda bisa merusak AC mobil anda. Rutinlah membersihkan kabin mobil anda setidaknya jangan membiarkan makanan busuk di dalam mobil, sehingga pengendara bisa nyaman dan fokus saat mengemudi.