pahami jenis gangguan listrik

Ini Dia Jenis-Jenis Ganggungan Listrik yang Sering Dialami Tapi Tidak Anda Sadari

Kehidupan yang di jalani setiap orang setiap harinya pasti tidak akan terlepas dari adanya sumber energi listrik yang berfungsi sangat vital untuk memenuhi kebutuhan hidup. Memang jarang sekali saat listrik mengalami gangguan, namun sekali terjadi masalah pada listrik, maka semua aktivitas bisa terhambat.

Hal ini disebabkan karena hampir semua alat-alat disekitar kita merupakan komponen elektronik yang membutuhkan daya energi listrik untuk bisa hidup.

Nah, tahukah Anda ternyata ada beberapa jenis gangguan yang bisa terjadi pada listrik. Mau tahu apa saja? Simak selengkapnya di sini.

1. Gangguan Listrik Berupa Power Failure

Power failure adalah suatu keadaan di mana sumber listrik utama mati secara mendadak. Bila hal ini terus terjadi secara terus-menerus, maka berbagai alat-alat elektronik yang menggunakan daya listrik bisa cepat rusak. Umumnya, masalah ini menjadi tanggung jawab PLN.

2. Gangguan Listrik Berupa Power Surge

Gangguan ini bisa terjadi akibat petir yang menyambar, sehingga membuat voltase secara mendadak meningkat melebihi 100% dalam sekejap waktu. Hal ini memang tidak bisa diprediksi, karena itu untuk mencegah hal buruk terjadi. Gunakan penangkal petir sebagai upaya mencegah power surge dan jangan gunakan alat elektronik saat hujan + petir menyambar.

3. Gangguan Listrik Power SAG

Kebalikan dari Power Surge, sangguan jenis power SAG adalah saat di mana voltase listrik turun secara tiba-tiba, bisa 30 – 80%. Jika tidak disadari, hal ini dapat membuat listrik Anda tidak kuat saat banyak alat-alat elektronik yang terhubung ke sumber listrik dan menyebabkan listrik turun.

4. Frequency Variation

Jenis gangguan ini merupakan gabungan dari power surge dan power SAG di mana tingkat voltase listrik mengalami naik turun yang tidak stabil dalam jangka waktu yang tidak bisa ditentukan. Gangguan Frequency Variation sangat fatal karena dapat merusak peralatan elektronik dengan sangat cepat bila Anda tidak segera melepaskannya dari kontak listrik.

5. Electrical Line Noise

Dalam kasus ini, gangguan dengan jenis Electrical Line Noise disebabkan karena intervensi dari frekuensi jaringan radio. Penyebab lainnya dapat disebabkan karena instalasi listrik yang tidak bagus. Bila tidak diperbaiki, gangguan ini bisa menyebabkan kerusakan fatal hingga hilangnya data-data penting.

6. Harmonic Distortion

Gangguan jenis ini merupakan distorsi yang dapat menyebabkan alat komunikasi yang tersambung dengan listrik mengalami error, overheat, hingga kerusakan serius pada komponen elektronik tersebut.

Untuk mengatasi permasalahan yang bisa terjadi sewaktu-waktu, banyak perusahaan yang menggunakan jasa rental genset murah di Jakarta sebagai solusi bila terjadi permasalahan kelistrikan.

Leave a Reply