Jenis-Jenis Lampu LED

Lampu LED belakangan ini mengalami peningkatan dalam hal penggunaan. Alasan utama orang-orang mulai beralih menggunakan lampu LED yakni karena LED jauh lebih tahan lama lagi hemat.

Memang jika dibandingkan dengan jenis lampu lainnya LED jauh lebih unggul baik dalam penggunaan energi maupun biaya. Lampu LED pun sudah mulai diaplikasikan ke dalam berbagai kehidupan mulai dari lampu rumah, lampu hias, hingga backlight LCD. Keberagaman penggunaan lampu LED disebabkan oleh beragamnya jenis-jenis lampu LED.

Mungkin tidak banyak orang yang tahu, namun lampu LED pun memiliki variasi jenis berdasarkan bentuk, fungsi dan warna. Nah, untuk tahu lebih lanjut mengenai lampu LED, Anda bisa simak ulasan berikut:

1. Miniatur LED

Pernahkan Anda mengamati lampu pada remote TV, radio atau tape? Lampu tersebut disebut lampu indikator. Sebagian besar lampu itu dibuat dari lampu LED berjenis miniatur LED. Selain banyak digunakan sebagai lampu indikator, miniatur LED juga sering digunakan sebagai lampu hias.

2. Superflux LED

Dibandingkan dengan jenis lampu LED lain, superflux LED membutuhkan energi yang jauh lebih besar. Hal ini tidak mengherankan mengingat ada dua kutub positif dan dua kutub negatif yang menyebabkan konsumsi energi menjadi lebih besar. Oleh karena itu, lampu jenis ini cocok dipakai sebagai lighting di panggung atau penerangan papan iklan dengan ukuran jumbo.

3. Bicolor LED

Apabila biasanya lampu LED hanya terdiri dari satu warna, tidak demikian halnya dengan bicolor LED. Lampu LED jenis ini memiliki dua warna yang akan menyala secara bergantian dalam satu lampu.

Karena cara kerjanya yang unik, tidak heran apabila bicolor LED sering digunakan sebagai lampu hias. Tidak hanya itu, lampu ini juga sering ditemui pada dekorasi lampu cafe dan aksen pada mainan anak-anak.

Baca juga: Merk Sensor Parkir Mobil yang Bagus

4. Surface Mount Device

Lampu LED berjenis surface mount device atau SMD memiliki karakteristik yang mencolok sehingga membuatnya mudah dikenali. Anda pun dapat langsung mengenali lampu ini dikarenakan SMD LED dilengkapi dengan chips berukuran cukup kecil.

Biasanya lampu LED jenis ini banyak ditemui pada lampu senter, lampu emergency, lampu senter dan lampu hias.

5. Chip on Board LED

Sering disebut COB, lampu LED jenis ini merupakan pengembangan dari SMD. Apabila lampu SMD dikenal dengan chipnya, maka COB adalah lampu SMD dalam jumlah besar. Karakteristik dari COB ini yaitu terdapatnya ribuan chip yang tersusun dalam suatu papan. Meski terlihat sama, akan tetapi lampu COB ini memiliki pancaran cahaya lebih merata dibandingkan dengan lampu SMD.

Melihat banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh lampu LED, tidak mengherankan banyak orang mulai beralih menggunakan lampu ini. Meskipun demikian Anda tetap harus memahami jenis-jenis lampu LED sehingga pengaplikasian lampu LED menjadi lebih maksimal. Hal ini dikarenakan masing-masing LED memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga harus digunakan pada alat yang berbeda pula.

Leave a Reply