cara membersihkan ac seorang diri

Mau Membersihkan AC Sendiri? Yuk, Terapkan 4 Hal Berikut Ini

Air conditioner atau yang biasa dikenal AC adalah alat pendingin yang menjadi andalan kebutuhan masyarakat kota besar. Kehadiran AC membantu untuk memberikan kesegaran di ruangan. Semakin seringnya AC digunakan, semakin cepat kotor juga. Oleh karena itu penting untuk AC dibersihkan supaya AC lebih awet, lebih dingin, dan tidak menyebabkan penyakit.

Untuk membersihkan AC biasanya ada jasa untuk bagian membersihkan AC yang bisa dipanggil ke rumah dan tentunya Anda akan mengeluarkan biaya lagi. Nah, apabila Anda enggan menggunakan jasa untuk membersihkan AC, Anda bisa membersihkannya sendiri.

Sekiranya ada 4 hal yang perlu Anda perhatikan untuk proses membersihkan AC sendiri

1. Persiapkan alat-alat

Sebelum Anda memulai untuk membersihkan AC, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan alat-alat yang akan Anda gunakan untuk membersihkan AC. Alat-alat tersebut yaitu:

  • Kemoceng
  • Sikat gigi bekas
  • Kain lap dengan bahan yang lembut
  • Kuas kecil yang kering
  • Air dengan campuran sabun cuci piring
  • Cairan pembersih
  • Buku petunjuk
  • Kain pel
  • Lembaran plastik

 

2. Di awali membersihkan permukaan casing AC

Setelah peralatan dan perlengkapan untuk membersihkan AC sudah siap, mulailah Anda mengawali untuk membersihkan casing dari AC. Matikan AC, kemudian cabut kabel listrik supaya Anda tidak tersetrum. Lepas perlahan casing AC dan kemudian bersihkan casing AC dari debu atau sarang laba-laba dengan menggunakan kemoceng.

Kemudian sedikit basahi lap dengan air. Bersihkan sela-sela pada casing AC dari debu-debu yang menempel. Setelah itu lap kembali dengan bersih dan keringkan.

 

3. Membersihkan Filter AC

 

Filter AC ini biasanya yang menjadi penyaring debu-debu atau kotoran dan bagian ini yang paling kotor dan banyak debu-debu yang menyangkut. Untuk kesehatan Anda dan supaya tidak ada debu yang masuk ke dalam saluran pernapasan gunakan masker terlebih dahulu sebelum membersihkan.

Ikuti petunjuk yang terdapat di manual book mengenai cara melepaskan filter AC ini. Setelah dilepaskan, bersihkan gumpalan-gumpalan debu dengan kuas kering. Lalu cuci dengan air sabun tadi. Bilas dengan air hingga bersih. Keringkan filter AC dengan lap kering dan kemudian diangin-anginkan di udara terbuka. Setelah kering sempurna, barulah dipasang kembali ke unit AC.

 

4. Membersihkan bilah-bilah evaporator

Bersihkan evaporator dengan menggunakan cairan pembersih AC yang banyak dijual di pasaran. Semprotkan cairan tersebut pada bilah-bilah AC. Ketika menyemprotkan cairan ini dibutuhkan ketelitian supaya tepat sasaran. Tutup bagian dengan komponen elektronik dengan plastik untuk menghindari terkena air atau cairan pembersih.

Sekian infomasi yang dberikan, untuk tips terbaru lainnya bisa dilihat di www.qualitytechnic.com/blog.

Leave a Reply