Melakukan Kalibrasi Flow Meter Magnetic

Mengenal Magnetic Flow Meter

Diantara semua jenis flow meter, magnetic flow meter merupakan flow meter dengan teknologi terbaru yang menjadi favorit para perancang alat proses. Dengan sistem magnetic, flow meter ini mampu memberikan pembacaan dan citra yang akurat selama flow berlangsung.

Dikarenakan tidak banyak bagiannya yang bergerak, flow meter ini mudah untuk dibersihkan dan menjadi favorit para industri makanan dan obat-obatan.  Namun permasalahan yang akan dihadapi adlah ketika proses kalibrasi flow meter setelah digunakan atau dibersihkan.

Tentang Kalibrasi Flow Meter

Kalibrasi adalah proses untuk mengembalikan nilai set point pada suatu alat. Pada kondisi ini yang akan dilakukan set point adalah katup magnetik yang terbuka dan tertutup akibat selenoid didalam magnetic flow meter.

kalibrasi-magnetic-flow-meter

Prinsip kerja yang terjadi didalam magnetic flow meter adalah Induksi Elektromagnetic dan mengikuti hukum faraday. Menurut prinsip ini tegangan dapat diinduksi menjadi konduktor yang bergerak dalam medan magnet. Besarnya tegangan yang diinduksi berbanding lurus dengan kecepatan konduktor. Dalam flow meter magnetik, fluida bekerja sebagai konduktor sementara sensor yang mengandung elektroda mendeteksi voltase yang dihasilkan.

Bila suatu fluida konduktif elektrik melewati pipa transduser, maka fluida akan bekerja sebagai konduktor yang bergerak memotong medan magnet yang dibangkitkan oleh kumparan magnetik dan transduser, sehingga timbul tegangan listrik induksi. Hubungan ini dapat dinyatakan sebagai berikut :

e = B l v
l = panjang konduktor ( diameter dalam pipa )
v = kecepatan konduktor (laju aliran)

Dari prinsip ini, kalibrasi yang dilakukan dalam flow meter magnetic harus menyesuaikan daya dan besar tegangan yang digunakan.

Untuk memastikan proses kalibrasi tepat, biasanya proses akan dimulai dengan memastikan flow meter netral dari tegangan dengan memastikan ground terpasang dengan benar. Langkah ini diperlukan apabila flow meter sering di alirkan cairan yang bersifat korosif atau atanya rengkahan yang mengakibatkan korosi pada bagian tertentu.

Pemeriksaan Bagian Flow Meter

Setelah pemeriksaan untuk bagian elektricity tiba pada bagian rotor dan selenoid yang menjadi inti pada magnetic flow meter. Bidang lain di mana kalibrasi dapat membantu penghematan energi dan uang ada di dalam Unit.

Kalibrasi yang benar pada suhu dan probe kelembaban relatif yang mengendalikan pemanasan, pendinginan, pelembab dan dehumidifying dapat menghemat energi. Keluaran sensor mengendalikan jumlah pemanasan dan pendinginan yang diminta melalui BMS dan keluaran sensor yang saling bertentangan pada berbagai tahap AHU dapat menghasilkan energi terbuang dari pemanasan uap udara dan pendingin yang tidak perlu untuk mendinginkan udara.

Kesimpulan

Proses Kalibrasi Flow Meter dapat dilakukan dengan beberapa metode, namun penyesuaian dengan melakukan seting pada persamaan faraday ini dianggap yang paling sesuai untuk magnetic flow meter ini karena penentuan impulse mengikuti persamaan ini.

Diharapkan untuk mereka yang hendak melakukan kalibrasi ini memahami bentuk flow meter yang akan dilakukan kalibrasi.

Leave a Reply