pembagian_beban_pada_manual_handling_chart

Mengenal Seluk Beluk Manual Handling

Di industri proses, kalian akan mengenal istilah Manual Handling, apa itu?

Manual handling direpresentasikan sebagai sebuah proses pemindahan atau pengoperasian yang dilakukan oleh manusia. Entah proses mengangkat, memindahkan, menarik dan sebagainya. Selama itu dilakukan oleh manusia dalam transportasinya, dinamakan manual handling.

Manual Handling sejatinya sudah mulai ditinggalkan atau di hapuskan dari tahapan proses dalam industri apapun, dikarenakan untuk meminimalisir resiko atau kecelakaan kerja yang berakibat akan menurunkan kredibilitas Angka Kecelakaan Diri. Karena nilai ini akan berarti sangat besar bagi sebuah perusahaan, ketika mereka bisa mencapai Zero Acciden dalam sebuah tahapan pekerjaannya.

Untuk membawa beban dengan bantuan tubuh, ternyata tidak semudah yang kita bayangkan. Kita jangan mengacu pada tukang angkut yang ada dipasar-pasar ya, karena sesungguhnya hal yang dilakukan oleh para buruh kasar ini sudah terlampau jauh untuk ditolelir sebagai sebuah proses yang aman. Menurut buku panduanĀ Getting to Grips with Manual Handling: a short guideĀ dijelaskan bahwa untuk memindahkan sebuah benda dengan berat tertentu, diklasifikasikan sebagaimana gambar :

pembagian_beban_pada_manual_handling_chart

Dimana pada gambar tampak, untuk mengangkat beban pada masa 3kg dapat dilakukan walau tangan dalam kondisi lurus kedepan. Sedangkan semakin berat beban yang dibawa oleh tubuh, maka posisi tangan berubah sesuai kekuatan pada joint.

Prinsip yang harus dipatuhi saat melakukan aktivitas manual handling.

Agar beban yang dibawa tidak menyebabkan cidera, selain panduan pembagian beban diatas ada panduan yang harus anda ketahui sebelum melakukan aktvitas manual handling, antara lain :

  • Pastikan benda yang akan anda angkat memiliki beban seringan mungkin, dan jangan melebihi batas kemampuan angkat anda.
  • Pastikan benda yang akan anda angkat tidak bergeser atau memiliki potensi untuk terjatuh akibat pergerakan yang anda lakukan.
  • Pastikan tidak ada rintangan seperti palang, penghalang atau bahkan resiko untuk terjatuh dan terpeleset selama anda membawa benda tersebut dari posisinya hingga tempat tujuan.
  • Pastikan tempat tujuan aman dari gangguan lain, yang beresiko dan mengakibatkan cidera lebih parah.
  • Jika mengharuskan memindahkan barang ke lantai yang berbeda, usahakan menggunakan pengait, jangan sekali-kali mencoba membawanya sendiri menggunakan tangga.

Keamanan dan keselamatan selama bekerja merupakan tanggung jawab anda dan anggota tim dalam pekerjaan anda. Maka selalu hindari hal-hal yang justru akan menimbulkan resiko, agar anda bisa tetap bekerja dengan aman dan nyaman.

ketahui tempat Jual Manual Handling Terpercaya.

Selain teknik, ternyata ada pengaman lain yang harus anda kenali agar proses manual handling tidak mengakibatkan cedera, dan hal ini akan kami bahas di artikel selanjutnya. Semoga informasi ini bermanfaat ya, selamat bekerja.

Leave a Reply