Pengaman Mobil Anti Maling

Kejahatan pada saat ini memang sudah sangat sulit untuk di perkirakan. Mobil yang memiliki harga ratusan juta sering kali menjadi incaran para pelaku pencurian.

Setiap orang yang memiliki mobil kebanyakan dari mereka berasal dari ekonomi menengah ke atas. Apalagi makin mahal mobilnya, sudah pasti yang sanggup membelinya hanyalah orang yang bertaraf ekonomi elit.

Harga mobil akan sesuai dengan fitur keamanan yang dimiliki mobil itu sendiri. Namu Anda sebagai pemilik mobil, tidak ada salahnya jika Anda menambah sendiri fitur keamanan lainnya.

Ada beberapa alat pengamanan yang bisa Anda pasang untuk mencegah mobil Anda dicuri oleh pelaku kejahatan. Berikut ini adalah alat tambahan untuk pengaman ekstra pada mobil.

1. Kunci setir

Memberi kunci mobil pada kendaraan Anda merupakan cara yang ampuh. Tujuan pemasangan kunci ini supaya setir tidak bisa di kendalikan.

Pengunci tersebut disangkutkan pada dashboard, sehingga pencuri akan berfikir kembali jika hendak mencuri mobil Anda.

2. Kunci roda

Pasanglah kunci roda sehingga roda tidak dapat berputar. Pemasangan kunci roda biasanya di bagian velg ban sehingga akan sulit berputar.

Bahan dari pengunci roda tersebut terbuat dari baja sehingga pencuri pun sulit untuk melepaskannya.

Sangat pas jika Anda pasang saat sedang parkir di tempat umum, pencuri yang akan melepaskannya pun akan merasa ragu.

3. Alarm Keamanan

Mobil yang dipasang alarm akan berbunyi keras ketika ada orang yang hendak membuka pintu tanpa kuncinya. Biasanya bunyi alarm dibarengi dengan lampu yang berkedip kedip.

Bunyi alarm hanya bisa di hentikan dengan remotnya saja. Jadi jika ada pencuri yang memutus kabel klakson, alarm tersebut akan tetap berbunyi.

4. Sling

Butuh upaya yang besar untuk memutus tali baja Sling atau tali baja yang bisa dijadikan alternatif alat pengaman mobil yang bisa dipilih karena Sling baja ini sifatnya kuat dan tidak mudah diputus.

Alat ini biasanya dilengkapi dengan pengait pendek dan dikombinasikan dengan gembok besar seperti yang digunakan pada mobil-mobil boks.

5. Pemutus listrik

Dengan memutus listrik, mobil tidak mungkin bisa dinyalakan. Memasang saklar rahasia pemutus aliran listrik mobil. Saat sudah parkir, aktifkan saklar yang telah dipasang.

Aliran listrik yang teraliri dari aki akan diputus dan tentu saja mobil tidak bisa dihidupkan. Alat ini bisa sangat efektif untuk membuat pencuri membatalkan aksinya karena tidak ingin terlalu lama di dalam mobil hanya untuk mencari cara menghidupkan mesin.

6. Sekring

Kotak sekring yang terpasang di sebelah kanan setir mobil. Sekring memang berperanan penting dalam sistem kelistrikan mobil sekaligus bisa jadi cara alternatif mengamankan mobil dari tindakan pencurian.

Temukan sekring yang berwarna biru dan cabut maka mobil tidak bisa dihidupkan.

Penulis: Ahmad – Kontributor di blog Garda Oto yang selalu update artikel tentang otomotif.

Leave a Reply