cara menghilangkan bau di kabin mobil

Tips Mudah Menghilangkan Bau Di Kabin Mobil

Ketika mengendarai mobil, kadang penumpang mencium bau bensin yang menyengat di dalam kabin. Terlebih bila pengendara melakukan perjalanan jauh, aroma ini akan membuat pengendara tidak nyaman, pusing dan bahkan sampai mabuk. Tentu hal ini tidak baik bila dilanjutkan, karena hal ini bisa membahayakan dan mengganggu fokus pengemudi.

Salah satu tindakan yang sering dilakukan pengendara untuk menghilangkan bau di kabin mobil ini adalah dengan membuka sedikit jendela, padahal hal itu tidak akan sepenuhnya menghilangkan bau tersebut.

Agar anda tahu penanganan yang tepat untuk menghilangkan bau di kabin mobil, berikut ini tips dari Garda Oto Digital (www.gardaoto.com) untuk Anda.

1. Mengetahui sumbernya

Apabila anda sering mencium aroma bensin, anda harus segera mencari sumber dari bau bensin tersebut. Anda bisa mengecek mulai dari karpet hingga ke bagian-bagian lainnya, barulah setelah anda menemukan sumbernya segera mencuci atau memperbaikinya bila sumber berasal dari kebocoran komponen.

2. Meletakkan biji atau bubuk kopi

Apabila anda sudah membersihkan sumber dari bau tersebut, namun anda masih mencium aroma bensin tersebut. Anda bisa meletakkan biji atau bubuk kopi di bawah jok mobil anda, biarkan biji kopi atau bubuk kopi tersebut selama seminggu atau kurang. Hal ini akan membuat aroma mobil anda menjadi hilang, karena diyakini kopi bisa menyerap segala macam aroma yang tidak sedap.

3. Menggunakan baking soda

Benda lain yang bisa digunakan untuk menetralkan bau selain kopi adalah baking soda, anda cukup menaburkan bubuk baking soda di beberapa bagian mobil dan membiarkannya selama semalam. Setelah itu bersihkan bagian-bagian yang anda berikan baking soda, maka bau bensin ataupun bau tidak enak akan hilang.

Tips otomotif lainnya bisa dibaca di sini.

4. Membuka kaca selama 24 jam

Cara termudah yang bisa anda terapkan adalah dengan membuka kaca anda selama 24 jam, tujuannya agar udara yang ada di dalam mobil bisa bertukar dengan udara yang berada di lar mobil. Namun perlu diingat bila menggunakan cara ini, usahakan kondisi udara di luar segar dan tidak berdebu atau udara panas. Karena hal ini akan merusak AC anda, karena banyaknya debu yang masuk ke kabin mobil anda.

Tentu anda bisa melakukan hal lain mengenai cara menghilangkan bau di kabin mobil ini, salah satu hal terpenting adalah menjaga kebersihan kabin. Meskipun anda menerapkan cara-cara diatas, bila anda tidak menjaga kebersihan kabin mobil anda maka tips di atas percuma dilakukan.

Perlu anda ketahui, bila anda membiarkan kotoran berada di dalam mobil maka anda bisa merusak AC mobil anda. Rutinlah membersihkan kabin mobil anda setidaknya jangan membiarkan makanan busuk di dalam mobil, sehingga pengendara bisa nyaman dan fokus saat mengemudi.

Leave a Reply